Apa Perbedaan Virus Hepatitis ?

Apa Perbedaan Virus Hepatitis

Para ilmuwan telah mengidentifikasi 5 virus hepatitis yang unik, diidentifikasi oleh huruf A, B, C, D, dan E. Walaupun semuanya menyebabkan penyakit hati, mereka berbeda dalam hal-hal penting.

Hepatitis A

Virus hepatitis A (HAV) ada di dalam kotoran orang yang terinfeksi dan paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Praktik seks tertentu juga dapat menyebarkan HAV. Infeksi dalam banyak kasus ringan, dengan kebanyakan orang membuat pemulihan penuh dan tetap kebal dari infeksi HAV lebih lanjut. Namun, infeksi HAV juga bisa parah dan mengancam jiwa. Sebagian besar orang di wilayah dunia dengan sanitasi buruk telah terinfeksi virus ini. Vaksin yang aman dan efektif tersedia untuk mencegah HAV.

Hepatitis B

Virus hepatitis B adalah virus yang ditularkan melalui paparan darah infektif, air mani, dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayi pada saat kelahiran atau dari anggota keluarga ke bayi pada anak usia dini. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi HBV, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan narkoba suntikan. HBV juga menimbulkan risiko bagi petugas kesehatan yang mengalami cedera akibat jarum suntik saat merawat pasien yang terinfeksi-HBV. Vaksin yang aman dan efektif tersedia untuk mencegah HBV.

Hepatitis C

Virus hepatitis C (HCV) sebagian besar ditularkan melalui paparan darah infektif. Ini dapat terjadi melalui transfusi darah yang terkontaminasi HCV dan produk darah, injeksi yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan narkoba suntikan. Penularan seksual juga dimungkinkan, tetapi jauh lebih jarang terjadi. Tidak ada vaksin untuk HCV.

Hepatitis D

Infeksi virus hepatitis D (HDV) hanya terjadi pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang lebih buruk. Vaksin hepatitis B memberikan perlindungan dari infeksi HDV.

Hepatitis E

Virus hepatitis E (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV adalah penyebab umum wabah hepatitis di negara berkembang dan semakin diakui sebagai penyebab penting penyakit di negara maju. Vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah infeksi HEV telah dikembangkan tetapi tidak tersedia secara luas.

https://www.who.int/features/qa/76/en/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *