Apa Itu Hepatitis?

Apa Itu Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan hati. Kondisi ini dapat sembuh sendiri atau dapat berkembang menjadi fibrosis (jaringan parut), sirosis atau kanker hati. Virus hepatitis adalah penyebab hepatitis yang paling umum di dunia tetapi infeksi lain, zat beracun (mis. Alkohol, obat-obatan tertentu), dan penyakit autoimun juga dapat menyebabkan hepatitis.

Ada 5 virus hepatitis utama, yang disebut sebagai tipe A, B, C, D dan E. 5 jenis ini menjadi perhatian terbesar karena beban penyakit dan kematian yang ditimbulkannya dan potensi penyebaran dan penyebaran epidemi. Secara khusus, tipe B dan C menyebabkan penyakit kronis pada ratusan juta orang dan, bersama-sama, adalah penyebab paling umum dari sirosis hati dan kanker.

Hepatitis A dan E biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Hepatitis B, C dan D biasanya terjadi sebagai akibat dari kontak parenteral dengan cairan tubuh yang terinfeksi. Cara penularan yang umum untuk virus-virus ini termasuk penerimaan darah atau produk darah yang terkontaminasi, prosedur medis invasif menggunakan peralatan yang terkontaminasi dan untuk penularan hepatitis B dari ibu ke bayi saat lahir, dari anggota keluarga ke anak, dan juga melalui kontak seksual.

Infeksi akut dapat terjadi dengan gejala terbatas atau tanpa gejala, atau mungkin termasuk gejala seperti penyakit kuning (kulit dan mata menguning), urin gelap, kelelahan ekstrem, mual, muntah, dan sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *