Mengenal CSR, dan contoh CSR di Indonesia

Mengenal CSR, dan contoh CSR di Indonesia

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Apa itu CSR? dan apa tujuannya?. Nah sebagai tambahan saya akan memberikan contoh tentang CSR, yaitu CSR Pendidikan Mayora.

Corporate social responsibility (CSR) adalah bentuk komitmen sebuah organisasi, terutama perusahaan, memiliki tanggung jawab sosial kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, masyarakat dan lingkungan.  Atau dalam bidang operasi perusahaan seperti aspek ekonomi, pendidikan, sosial serta lingkungan. Kegiatan ini bukan hanya sebatas pada memberikan bantuan kepada lingkungan sosial, lebih dari itu konsep ini juga bertujuan memperlakukan karyawan mereka dengan cara yang tidak diskriminatif, dan menjaga hubungan dengan para relasi mereka.

CSR atau Corporate Social Responsibility juga merupakan salah satu strategi bisnis jangka panjang perusahaan.

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan sebuah komitmen bisnis untuk berkontribusi pada peningkatan ekonomi dengan cara memperbaiki kualitas hidup karyawan dan keluarga mereka.

Tujuan CSR

  • Untuk membangun citra perusahaan
  • Peluang mendapatkan penghargaan
  • Memperbaikin hubungan kerja
  • Sebagai bentuk tanggung jawab antara perusahaan dengan masyarakat
  • Memberikan informasi kepada investor

Contoh CSR di Indonesia

Program CSR yang sangat berguna untuk masyarakat sekitar ataupun untuk perusahaan itu sendiri. Banyak perusahaan besar melakukan program CSR pada bidang ekonomi, pendidikan, sosial serta lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh mayora group yang memberikan perhatiannya terhadap aspek pendidikan.

CSR Pendidikan Mayora dilakukan di SD Bitung Jaya 1, di Jalan Raya Serang, KM 12, Desa Bitung, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Program CSR Mayora Grup merupakan salah satu kegiatan dalam mencerdaskan bangsa. 

Bentuk CSR dari Mayora Grup ini adalah bedah perpustakaan. Kegiatan bedah perpustakaan ini dilaksanakan dalam bentuk memberikan buku-buku terbagus yang penuh warna, agar anak-anak usia Sekolah Dasar lebih tertarik membacanya. Dan juga memperbaiki perpustakaan agar keadaan didalam perpustakaan menjadi lebih nyaman bagi siswa dan siswi SD Bitung Jaya

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah informasi baru untuk kalian. Jika kalian menyukai posting ini, kalian bisa membagikan artikel ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *