Kenapa warna bbm berbeda-beda? INI PENJELASANNYA

Kenapa warna bbm berbeda-beda? INI PENJELASANNYA

Bagi pemilik mobil bermesin pasti membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) untuk menggerakkan mesin mobilnya. Apalagi untuk kalian pengguna pertamax turbo. Harga Pertamax turbo sangatlah bersaing di pasaran.

Bahan bakar jenis ini banyak beredar di Indonesia, dibedakan menurut kandungan oktan dan warnanya.

Khusus untuk kendaraan berbahan bakar bensin bisa memilih bahan bakar seperti Premium, Pertalite, Pertamax atau Pertamax Turbo yang dikeluarkan oleh PT Pertamina Persero.

Keempat jenis bahan bakar tersebut memiliki angka oktan yang berbeda, dan semakin tinggi angka oktannya, semakin mahal pula harganya.

Selain angka oktan, Pertamina juga menerbitkan jenis bensin yang berbeda.  Misalnya premium berwarna kuning, perlite berwarna hijau, dan permax berwarna biru.

Nah, saat mengisi bensin, pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana asal warna bensin?  Apakah itu warna alami?

Menanggapi hal tersebut, Tri Yuswidjadjanto spesialis hemat energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan.

Kenapa setiap jenis BBM warnanya berbeda-beda?

Menurut dia, bensin sengaja diwarnai sebagai pembeda di setiap variasi.  Selain itu, karena pewarna khusus yang disebut pewarna digunakan, pewarna yang digunakan tidak opsional.

“Pewarna, fungsinya untuk membedakan, misalnya Partamax Turbo Red, Partamax Blue, Parta Light Green, dan Premium Yellow,” kata Profesor Yus yang akrab di acara virtual chat (NGOVI) dengan Otomotif Group, Sabtu.  Kata pria tersebut (27/6/2020).

Dia menjelaskan, Pertamina sengaja memberi warna berbeda pada bensin untuk memudahkan operasi lapangan dan mencegah peredaran bahan bakar campuran.

“Yang penting konsumen yakin produk yang mereka beli seperti Pertamax itu cocok. Ya warnanya biru,” jelas Yus.

 “Lalu, SPBU-nya bahkan bisa dikontrol supaya tidak curang, jadi kalau jual Pertamax warnanya harus biru,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, SPBU bisa melupakan kendali.  Di pom bensin, jangan mengubah bahan bakar di tangki yang dibawa dari truk ke dispenser yang salah.  Misalnya Pertamax Turbo, tapi keluarnya kuning. “

Semoga artikel tentang kenapa warna bbm itu berbeda-beda ini bisa bermanfaat untuk kalian. Dan jika kalian suka artikel ini kalian bisa bagikan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *