Berita Terkini Seputar Mitos Dan Fakta Saat Puasa

Berita Terkini Seputar Mitos Dan Fakta Saat Puasa

Bulan Ramadhan kali ini merupakan ujian yang cukup berat, khususnya bagi pemeluk agama Islam. Pasalnya banyak mitos dan fakta baru yang bermunculan, di tengah wabah COVID-19 ini. Padahal sebelumnya, sebagai umat islam sering terdapat mitos dan fakta yang sudah terlebih dahulu berkembang. Mitos dan fakta yang dulu berkembang di masyarakat yaitu https://www.smartfren.com/id/explore/article/mitos-dan-fakta-saat-puasa.

Di tengah pandemi virus Corona, atau COVID-19. Pemerintah menghimbau setiap warga negaranya untuk tetap tinggal di rumah. Berita Smartfren menginformasikan paket internet dengan kuota yang lebih besar, namun harga lebih terjangkau untuk mendukung kegiatan #DiRumahSaja. Hal tersebut guna meminimalisir mitos dan fakta yang terjadi saat puasa di tengah wabah COVID-19 ini. Berikut di antaranya: 

1. Shalat Tarawih Berjamaah Beresiko Menularkan Virus Corona

Anjuran Pemerintah untuk melakukan jaga jarak agar resiko penularan virus corona tidak meningkat, termasuk di antaranya menjaga jarak dalam kegiatan shalat tarawih. Hal tersebut merupakan fakta yang terjadi saat berpuasa, ketika wabah COVID-19 melanda. Dengan demikian, kegiatan shalat tarawih sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing.

2. Berpuasa Dapat Melemahkan Imun Tubuh

Salah satu manfaat puasa yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, virus Corona tidak mudah masuk pada tubuh yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Oleh sebab itu, pernyataan tersebut merupakan mitos saat berpuasa, di mana banyak orang yang merasa ketakutan karena sistem kekebalan tubuh yang lemah ketika berpuasa. 

3. Tidak Makan Sahur, Tidak Wajib Berpuasa

Banyak orang yang kesiangan ketika bangun sahur. Sehingga, tidak makan sahur. Namun, pernyataan yang menyatakan tidak wajib berpuasa ketika tidak makan sahur, merupakan mitos semata. Setiap muslim diwajibkan berpuasa, terlepas dari makan sahur atau tidak. 

4. Wajib Minum Susu ketika Berbuka Puasa 

Pernyataan ini merupakan mitos, karena tak ada kewajiban mengenai apa yang digunakan untuk berbuka puasa. Berpuasa yang sehat, tetap menjaga asupan nutrisi. Tentunya, minum susu dapat menjaga asupan nutrisi lebih lengkap. Nutrisi yang diserap oleh tubuh bisa membentuk kekebalan tubuh meningkat. Dengan demikian, virus corona tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

5. Membayar Zakat Fitrah Tidak Menggunakan Uang Tunai 

Virus Corona mudah menular melalui perantara uang. Dengan demikian, berita Smartfren menginformasikan untuk membayar zakat fitrah, di mana umat islam sering melakukanya ketika menjalankan ibadah puasa sebaiknya tidak menggunakan uang tunai. Hal ini merupakan fakta terbaru.

Itulah beberapa mitos dan fakta terbaru saat puasa yang dilansir oleh berita Smartfren. Beberapa mitos dan fakta tersebut sering terjadi kesimpangsiuran di masyarakat. Hal tersebut sering meresahkan warga, terutama di tengah terjadinya wabah, dimana psikologi dan tingkat emosi masyarakat tidak stabil, karena merasa ketakutan akan virus Corona tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *