9 Penybab Kenapa Anak Menjadi Susah Makan

1 min read

9 Penybab Kenapa Anak Menjadi Susah Makan

Apakah anak Anda menjadi susah makan? Lalu bagaimana cara mengatasi anak susah makan. Sebelum itu yuk cari tahu penyebab kenapa anak menjadi susah makan.

MERASA TEKANAN

Jika seorang anak merasa tertekan untuk makan atau merasakan bahwa Anda sebagai orang tua cemas pada waktu makan. Itu akan membuat mereka akan menjadi cemas dan kemungkinan menolak makan.

Sebaiknya biarkan anak Anda makan sendiri dan makan dengan kecepatan mereka sendiri saat makan, berikan banyak variasi makanan saat makan dalam jumlah yang dapat diatur, dan biarkan mereka bertanggung jawab atas apakah dan berapa banyak yang mereka makan.

MERASA TIDAK TAHU

Kita tahu dari penelitian bahwa anak-anak makan lebih baik ketika mereka memiliki andil dalam membantu berbelanja, menyiapkan, memasak, atau menyajikan makanan mereka.

Itulah mengapa penting untuk menyertakan anak-anak dalam persiapan makan bahkan membuat mereka mencampur bahan atau mengatur meja dapat membantu. Dan meskipun orang tua pada akhirnya harus bertanggung jawab atas “apa” pemberian makan, anak-anak mungkin merasa seolah-olah mereka tidak memiliki kendali atau mengatakan apa yang mereka makan jika Anda tidak memasukkan mereka dalam memilih makanan sesekali.

BOSAN

Sama seperti orang tua mana pun yang terjebak dalam “pola makan” di mana akan menyajikan hal yang sama berulang-ulang. Itulah yang membuat anak menjadi bosan, dan dan akhirnya menolak makanannya.

Bereksperimenlah untuk melihat apa yang paling mereka sukai.

BELUM LAPAR

Kita sekarang tahu bahwa nafsu makan balita dan anak-anak dapat tidak terduga dan tidak menentu pada saat-saat terbaik. Setelah usia dua tahun, pertumbuhan melambat dan stabil yang berarti balita tidak lapar seperti dulu.

Selama Anda mempertahankan peran memberi makan Anda dan tetap konsisten dengan batas waktu makan, anak Anda harus bertanggung jawab atas apakah dan seberapa banyak mereka makan. Mungkin saja anak Anda tidak lapar secara fisik saat makanan disajikan (untuk alasan apa pun) dan itu tidak masalah.

PORSI TERLALU BESAR

Beberapa anak tidak mau makan hanya karena porsi yang disajikan terlalu besar dan berlebihan.

Cara memperaikinya adalah dengan mengurangi porsinya. Hal ini akan membuat anak mulai makan lagi dan kadang-kadang bahkan meminta lebih.

Sebagai orang tua harus tetap memastikan bahwa dia mendapatkan makanan seimbang yang enak. Karna orang tua juga seperti ini, jika disajikan terlalu banyak makanan, mereka juga aka menolak makanan.

TAKUT UNTUK MENCOBA

Bayangkan mencoba makanan asing untuk pertama kalinya, tanpa mengetahui bagaimana rasanya atau terasa di mulut Anda. Anak-anak memiliki rasa yang lebih kuat daripada kita, jadi semua makanan memiliki rasa yang lebih kuat untuk mereka.

Cara mengatasinya adalah memberikan contoh atau mecicipinya terlebihdahulu

TERLALU BANYAK SUSU 

Susu mengandung lemak dan juga protein, dua nutrisi yang membuat anak merasa kenyang. Terlalu banyak susu dapat menggantikan nutrisi penting lainnya juga, mengisi ruang perut yang seharusnya memiliki ruang untuk berbagai makanan yang berbeda.

Terlalu banyak susu juga dapat berdampak negatif pada kesehatan gigi.

TERLALU BANYAK SNACK

Anak-anak yang sering ngemil di antara waktu makan, atau ngemil sepanjang hari hal itu akan membuat mereka kenyang. Sehingga membuat mereka menjadi malas untuk makan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengatur waktu camilan bagi anak.

ALASAN MEDIS

Ada kemungkinan ada masalah medis yang memengaruhi nafsu makan anak Anda. 

Bagaimana cara memperbaikinya?

Jika menurut Anda ini masalahnya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk menemukan alasan kenapa mereka malas makan.

Berikut penyebab anak tidak mau makan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *